Tunggu ...

Iket Kain Segi Empat (Part 1)


Ikat Kepala Segi Empat
Iket Segi Empat KL14 Ukuran 100x100 cm
Rp80.000,- /Pcs
(Pre-Order)

Ikat Kepala
Iket Segi Empat KL13 Ukuran 100x100 cm
Produk Distro Kai Abah Uha
(Terjual)

Ikat Kepala
Iket Segi Empat KL12 Ukuran 100x100 cm
Rp80.000,- / Pcs
(Pre-Order)

Ikat Kepala
Iket Segi Empat KL11 Ukuran 100x100 cm
(Terjual)


Keterangan:

Warna, corak, dan motif semua iket kain segi empat (bujur sangkar) tergantung ketersediaan bahan baku di pasar. Kami tidak bisa menjanjikan adanya kain yang serupa kecuali kain segi empat yang motifnya sudah sangat umum.

Harga kain iket segi empat tergantung dari kualitas bahan baku dan ketersediaan di pasar. Selain itu kesulitan desain seperti disablon, dibordir, dicetak, dan digambar manual seperti batik tulis harganya lebih mahal.

OPINI DAN BERITA KASUNDAAN
Distro Kai Abah Uha
Oleh Kang Pree

Seperti kita ketahui, perkembangan distro-distro pakaian di Indonesia khususnya di Kota Kembang terus tumbuh seiring dengan munculnya berbagai karya fashion baru. Karya-karya busana tersebut tidak terbatas pada model-model pakaian modern tetapi juga model-model pakaian adat dan pakaian tradisional termasuk pakaian khas adat Sunda. Distro Kai adalah salah salah satu distro Sunda yang menjual produk-produk kasundaan seperti pangsi dewasa, pangsi anak, iket Sunda, iket Sunda Praktis, tas akar, pin kujang, dan aksesoris kasundaan lainnya.

Distro Kai yang berlokasi di Kecamatan Pameungpeuk KM. 13 Jalan Banjaran Bandung Selatan dibina oleh seniman asal Pameungpeuk yakni Abah Uha. Beliau dan keluarga berharap melalui produk yang ia jual dapat ikut serta melestarikan kebudayaan khas Tatar Sunda meski secara tidak langsung.

Salah satu keunikan dari Distro Kai Abah Uha adalah nama, yakni Distro KAI. Sepintas memang sama dengan distro lain yang merupakan singkatan dari Distribution Store atau Distribution Outlet padahal kenyataannya bukan itu tetapi singkatan dari "Di Sisi Trotoar Rel Kereta Api Indonesia" karena memang lokasinya dekat dengan jalur rel kereta api yang sudah tidak aktif.

Distro Kai
Abah Uha dan Cucunya
Abdul Fatah Dzikrullah


Keinginan beliau untuk memperkenalkan kebudayaan Sunda terhadap generasi muda terlihat jelas melalui karya-karya seni Sunda yang beliau tampung di Distro Kai. Jika suatu saat berkunjung, sahabat dapat melihat beragam produk kasundaan di sana, bahkan karya seni dari Banten pun ada seperti iket lepasan khas Baduy, tas akar, tas pelepah, kalung kujang, gelang bahar, dan sebagainya.
Kategori:
 

About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Info | FAQs
© 2016 Zulzol Distro - Powered by Blogger
Kabupaten Bandung - Jawa Barat