Tunggu ...

Iket Praktis IK09

Iket Sunda Asli
Iket Praktis IK09
Tampak Depan
(Pre-Order)

Ikat Kepala Sunda
Iket Praktis IK09
Tampak Belakang
(Pre-Order)

Sundanese Clothes
Iket Praktis IK09
Tampak Samping
(Pre-Order)


Keterangan:
  1. Model: Iket Makuta Raga
  2. Jenis: Iket Sunda Praktis
  3. Kode Produk: IK09
  4. Motif: Batik Sunda
  5. Warna : Coklat
  6. Minimal Order: 1 Pcs
  7. Ukuran: Sama dengan ukuran peci
  8. Harga:
    Iket Full Kain (Tanpa Spon): Rp90.000,-/ Pcs
    Iket Non Full Kain (Dengan Spon): Rp60.000,-/ Pcs 
OPINI DAN BERITA KASUNDAAN
Distro Sunda Vs Distro Lain
Oleh Kang Pree

Mungkin sahabat pernah membaca atau mendengar berita di berbagai media cetak dan media online mengenai eksistensi dan popularitas distro-distro di Indonesia termasuk Distro Sunda. Mayoritas media menginformasikan segi positif perkembangan distro yang menggeluti bisnis rumahan di bidang busana seperti kaos, kemeja, kerudung, ikat kepala, aksesoris, dan produk lainnya.

Distro-distro tersebut umumnya mempunyai produk dengan karakter dan ciri khas tersendiri sesuai dengan kultur, budaya, dan subjektifitas para desainer setempat. Permintaan pasar dan kemajuan teknologi juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi karakter suatu distro khususnya di bidang desain motif dan corak busana.

Meski produk yang ditawarkan hampir sama, tetapi umumnya mereka mempunyai pasar yang berbeda karena mereka bersaing positif di bidang model dan desain. Hampir semua distro termasuk Distro Sunda mempunyai produk limited edition yakni produk yang disjual dengan desain khusus dalam jumlah sangat terbatas. Desain tersebut tidak untuk diproduksi ulang dalam jumlah besar.

Lantas bagaimana kondisi Distro Sunda yang menawarkan busana, kerajinan tangan, dan aksesoris khas Tatar Sunda di tengah-tengah distro-distro lain dengan multiproduk yang menawarkan berbagai komoditi yang berorientasi nasional (tidak berorientasi daerah)? Sekilas mungkin akan terjadi persaingan bisnis yang bisa menurunkan pangsa pasar Distro Sunda, namun kenyataanya justru sebaliknya.

Banyak Distro Sunda yang tumbuh dan berkembang karena memproduksi barang sejenis yang dijual di distro non Sunda tetapi dengan desain motif khas budaya Sunda seperti kaos bergambar senjata kujang (senjata khas daerah Sunda), kaos dengan motif huruf Sunda, gantungan kunci dan lencana kujang, kemeja dan jaket dengan gambar harimau. dan yang lainnya.

Hal ini membuktikan bahwa masih banyak konsumen yang menggemari motif-motif daerah Sunda. Meski seni dan fashion modern terus berkembang tetapi Distro Sunda bisa tetap eksis selama masih banyak konsumen yang menyukai desain-desain tradisional khas Sunda.

Jika sahabat sudah terlanjur terjun menjadi pengelola Distro Sunda, tidak perlu khawatir dengan distro lain (distro non Sunda), anggap saja sebagai kompetitor yang akan menjadi motivator dalam meningkatkan kualitas produk. Cobalah berkreasi dengan membuat beragam desain bercorak Sunda atau kombinasi antara motif modern dan motif Sunda. Masih banyak di luar sana orang yang menyukai seni budaya Sunda.

Kategori:
 

About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Info | FAQs
© 2016 Zulzol Distro - Powered by Blogger
Kabupaten Bandung - Jawa Barat