Tunggu ...

Iket Praktis IK13

Iket Gambar Kujang
Iket Praktis IK13
Tampak Samping
(Pre-Order)

Iket Gambar Kujang
Iket Praktis IK13
Tampak Depan
(Pre-Order)

Iket Gambar Kujang
Iket Praktis IK13
Tampak Belakang
(Pre-Order)



Keterangan:
  1. Model: Barangbang Semplak Sinatria
  2. Jenis: Iket Sunda Praktis
  3. Kode Produk: IK13
  4. Motif: Ilustrasi Kujang Gambar Manual
  5. Warna : Hitam
  6. Minimal Order: 1 Pcs
  7. Ukuran: Sama dengan ukuran peci/ kopya
  8. Harga:
    Iket Full Kain (Tanpa Spon): Rp100.000,-/ Pcs
    Iket Non Full Kain (Dengan Spon): Rp70.000,-/ Pcs 
  9. Jika tidak ada stok, lama pembuatan kurang lebih tiga hari
OPINI DAN BERITA KASUNDAAN
Distro Kai, Iket Sabilulungan, dan Iket The Exclusive
Oleh Kang Pree

Pameungpeuk adalah nama salah satu kecamatan di kabupaten Bandung tepatnya di Bandung Selatan antara Dayeuhkolot dan Banjaran. Aktivitas masyarakat dalam bidang usaha di Pameungpeuk cukup beragam, mulai dari pegawai pabrik, guru, PNS, sampai berdagang dan wiraswasta. Banyak pengrajin yang menggeluti bidang seni termasuk seni modern dan seni tradisional seperti membuat peci, blangkon, pakaian pangsi, dan iket.

Meski mayoritas hasil karya bernuansa seni budaya Sunda, namun mereka sudah mulai memproduksi barang-barang seni seperti busana dan aksesoris dengan corak dan motif nasional (non Sunda), bahkan di antaranya menerima pesanan pembuatan produk khusus sesuai permintaan konsumen.

Iket Sunda adalah salah satu produk hasil karya pengrajin asal Pameungpeuk yang kini trennya semakin populer di masyarakat. Mungkin ini ada kaitannya dengan himbawan walikota Bandung Ridwan Kamil mengenai "Rebo Nyunda" yang mewajibkan para PNS dan pelajar untuk mengenakan pakaian tradisional Sunda setiap hari Rabu dengan mengenakai Iket Sunda dan Pakaian Pangsi.

Seiring popularitas produk busana dan aksesoris bernuansa Sunda, kini banyak produsen dan pengrajin yang mengambil kesempatan untuk memenuhi kebutuhan produk-produk tersebut seperti Distro Kai, Iket Sabilulungan, dan The Exclusive. Mereka berkompetisi sehat di pasar untuk memasarkan produk andalan masing-masing yang tentunya dengan ciri khas dan keunikan tersendiri.

Distro Kai (binaan Abah Uha) memproduksi dan menjual Iket Sunda Praktis, Pakaian Pangsi, Bendo (blankon), tas adat Sunda dan aksesoris Sunda dengan merek Distro Kai. Iket Sabilulungan memprosuksi dan menjual aksesoris Sunda dan Iket Sabilulungan yang sekaligus dijadikan merek. The Exclusive mempunyai spesialisasi dalam meproduksi iket dengan merek Iket Exclusive atau Iket The Exclusive.

Setiap pengajin asal pameungpeuk tersebut selalu mengedepankan kepuasan konsumen dan selalu menjaga hubungan baik antar pengrajin dan produsen sehingga suasana bisnis rumahan tersebut tetap kondusif. Baik Distro Kai, Iket Sabilulungan, dan Iket The Exclusive masing-masing mempunyai para pengrajin yang berbeda yang qualified dan berpengalaman di bidangnya. Sama sekali tidak ada hubungan negatif di antara mereka karena berpegang teguh pada prinsif "Silih Wangi" yang kini dikenal dengan istilah "Siliwangi".

Langsung atau tidak, kenyataanya Distro Kai, Iket Sabilulungan, dan Iket The Exclusive telah ikut serta melestarikan kebudayaan Sunda sekaligus menambah income harian masyarakat sekitar karena mayoritas para pengrajin adalah para penduduk yang bertempat tinggal di sekitar distro-distro tersebut.

Mudah-mudahan kondisi baik seperti ini akan tetap lestari seiring kelestarian seni budaya Sunda dan mudah mudahan pemerintah daerah peduli terhadap industri rumahan dan indutri kecil yang memiliki keterbatasan finansial.
Kategori:
 

About Us | Disclaimer | TOS and Privacy | Info | FAQs
© 2016 Zulzol Distro - Powered by Blogger
Kabupaten Bandung - Jawa Barat